~*~ Larangan Bagi Yang Haid ~*~
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh...
Pak ustadz, Hal apakah yang tidak boleh dilakukan selama masa haid?
Apakah menggunting kuku dan memotong rambut termasuk hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama masa haid?
Mohon jawaban dan penjelasan pak ustadz
Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Oleh Ade Ayu
* * * * *
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh,
Memotong rambut dan kuku saat haidh bukan hal yang terlarang saat seorang wanita mendapat haidh.
Sebab landasan syar’i atas larangan hal itu tidak berlandaskan dalil Quran maupun sunnah
Kecuali hanya sekedar nalar manusiawi
Seharusnya ada dalil yang tegas dari kitabullah atau sunnaturasulillah yang dibawakan oleh mereka yang mengatakan hal itu
Adapun perbuatan yang haram dilakukan oleh wanita yang sedang hai
Sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Al-Quran dan As-sunnah antara lain adalah:
* Puasa Saat Haid
Wanita yang sedang mendapatkan haid dilarang menjalankan puasa dan untuk itu ia diwajibkannya untuk menggantikannya dihari yang lain
وَعَنْ أَبِي سَعِيْدٍ الخُدْرِيِّ رضيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رسُولُ الله صلى الله عليه وسلم: أَلَيْسَ إِذا حَاضَتِ المَرْأَةُ لَمْ تُصَلِّ وَلَمْ تَصُمْ، مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari Abi Said Al-Khudhri ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,
"Bukankah bila wanita mendapat hatdh, dia tidak boleh shalat dan puasa?"
* Tawaf
Seorang wanita yang sedang mendapatkan haid dilarang melakukan tawaf
Sedangkan semua praktek ibadah haji tetap boleh dilakukan
Sebab tawaf itu mensyaratkan seseorang suci dari hadas besar
وَعَنْ عَائِشةَ رضيَ اللهُ عَنْهَا قَالَت: لَمَّا جِئْنَا سَرِفَ حِضْتُ، فَقَالَ النَّبيُّ صلى الله عليه وسلم: افْعَلِي مَا يَفْعَلُ الحَاجُّ غَيْرَ أَنْ لا تَطُوْفِي بِالبَيْتِ حَتَّى تَطْهُرِي، مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari Aisyah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,
"Bila kamu mendapat haid, lakukan semua praktek ibadah haji kecuali bertawaf di sekeliling ka`bah hingga kamu suci"
* Shalat
Seorang wanita yang sedang mendapatkan haid diharamkan untuk melakukan shalat
Begitu juga mengqada` shalat
Sebab seorang wanita yang sedang mendapat haid telah gugur kewajibannya untuk melakukan shalat.
عَنْ عَائِشَةَ رضيَ اللهُ عَنْهَا: أنَّ فَاطِمَةَ بِنْتَ أَبِي حُبَيْشٍ كَانَتْ تُسْتَحَاضُ، فَقَالَ لَهَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: إِنَّ دَمَ الحَيْضِ دَمٌ أَسْوَدُ يُعْرَفُ، فَإِذا كَانَ ذَلِكَ فَأَمْسِكِي عَنِ الصَّلاةِ، فَإِذا كَانَ الآخَرُ فَتَوَضَّئِي وَصَلِّي، رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَالنَّسَائِيُّ، وَصَحَّحَهُ ابنُ حِبَّانَ وَالحَاكِمُ، وَاسْتَنْكَرَهُ أَبُو حَاتِمٍ
Dari Aisyah ra berkata, Fatimah binti Abi Hubaisy mendapat darah istihadha, maka Rasulullah SAW bersabda kepadanya,
"Darah haidh itu berwarna hitam dan dikenali. Bila yang yang keluar seperti itu, janganlah shalat. Bila sudah selesai, maka berwudhu’lah dan lakukan shalat"
Dari Aisyah ra. berkata, Di zaman Rasulullah SAW dahulu kami mendapat haid, lalu kami diperintahkan untuk mengqada` puasa dan tidak diperintah untuk mengqada` shalat
Selain itu juga ada hadis lainnya:
`Dari Fatimah binti Abi Khubaisy bahwa Rasulullah SAW bersabda,
"Bila kamu mendapatkan haid maka tinggalkan shalat"
* Berwudu` atau Mandi
As Syafi`iyah dan al-Hanabilah mengatakan bahwa
"wanita yang sedang mendapatkan haid diharamkan berwudu`dan mandi janabah"
Maksudnya adalah bahwa seorang yang sedang mendapatkan haidh dan darah masih mengalir
lalu berniat untuk bersuci dari hadats besarnya itu dengan cara berwudhu’ atau mandi janabah,
seolah-olah darah haidhnya sudah selesai, padahal belum selesai
Sedangkan mandi biasa dalam arti membersihkan diri dari kuman, dengan menggunakan sabun, shampo dan lainnya, tanpa berniat bersuci dari hadats besar, bukan merupakan larangan
* Menyentuh mushaf Al Quran dan Membawanya
Allah SWT berfirman di dalam Al-Quran Al-Kariem tentang menyentuh Al-Quran:
لا يمسه إلا المطهرون
"Dan tidak menyentuhnya kecuali orang yang suci"
Jumhur Ulama sepakat bahwa orang yang berhadats besar termasuk juga orang yang haidh dilarang menyentuh mushaf Al-Quran
* Berhubungan Pribadi dengan Suami
Wanita yang sedang mendapat haid haram melakukan kegiatan pribadi suami dan istri
Keharamannya ditetapkan oleh Al-Quran Al-Kariem berikut ini:
وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُواْ النِّسَاء فِي الْمَحِيضِ وَلاَ تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىَ يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللّهُ إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ
"Mereka bertanya kepadamu tentang haidh
Katakanlah: `Haidh itu adalah suatu kotoran`. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri"
Yang dimaksud dengan menjauhi mereka adalah tidak meny*tub*hinya.
Sedangkan al-Hanabilah membolehkan mencumb* wanita yang sedang haid pada bagian tubuh selain antara pusar dan lutut atau selama tidak terjadi persetubuhan
Hal itu didasari oleh sabda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam ketika beliau ditanya tentang hukum mencumbui wanita yang sedang haid maka beliau menjawab:
وَعَنْ أَنَسٍ رضيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ اليَهُودَ كَانت إِذا حَاضَتِ المَرْأَةُ فِيْهِمْ لَمْ يُؤَاكِلُوهَا، فَقَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم: اصْنَعُوا كُلَّ شَىءٍ إِلاَّ النِّكَاحَ، رَوَاهُ مُسْلِمٌ
`Dari Anas ra. bahwa orang Yahudi bisa para wanita mereka mendapat haidh, tidak memberikan makanan. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Lakukan segala yang kau mau kecuali hubungan badan"
وَعَنْ عَائِشَةَ رضيَ اللهُ عَنْهَا قَالَت: كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَأْمُرُنِي فَأَتَّزِرُ، فَيُبَاشِرُنِي وَأَنَا حَائِضٌ، مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari Aisyahra berkata, "Rasulullah SAW memerintahkan aku untuk memakain sarung, beliau mencumb*ku sedangkan aku dalam keadaan datang haidh"
Keharaman meny*tub*hi wanita yang sedang haid ini tetap belangsung sampai wanita tersebut selesai dari haid dan selesai mandinya
Tidak cukup hanya selesai haid saja tetapi juga mandinya
Sebab di dalam al-Baqarah ayat 222 itu Allah menyebutkan bahwa wanita haid itu haram disetubuhi sampai mereka menjadi suci dan menjadi suci itu bukan sekedar berhentinya darah
Namun harus dengan mandi janabah, itu adalah pendapat al-Malikiyah dan as Syafi`iyah serta al-Hanafiyah
* Melafazkan Ayat-ayat Al-Quran
Kecuali dalam hati atau doa/zikir yang lafznya diambil dari ayat Al-Quran secara tidak langsung
"`Rasulullah SAW tidak terhalang dari membaca Al-Quran kecuali dalam keadaan junub"
Namun ada pula pendapat yang membolehkan wanita haidh membaca Al-Quran dengan catatan tidak menyentuh mushaf dan takut lupa akan hafalannya bila masa haidhnya terlalu lama
Juga dalam membacanya tidak terlalu banyak
Pendapat ini adalah pendapat Malik
Demikian disebutkan dalam Bidayatul Mujtahid jilid 1 hal 133
* Masuk ke Masjid
Dari Aisyah RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,
"Tidak ku halalkan masjid bagi orang yang junub dan haidh"
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Semoga Bermanfaat
***
Referensi :
Oleh : Ahmad Sarwat, Lc.
Sumber Yang Tidak Diperbolehkan Selama Masa Haid : http://www.salaf.web.id
*
Tidak ada komentar:
Posting Komentar